Aksara Jawa

Assalamu'alaikum teman-teman ! Eh... ketika searching  di google tiba-tiba ingat sama aksara jawa. Dulu, ketika saya masih di SD, rasanya susah untuk menghafal aksara jawa. Tapi, alhamdulillah... sekarang jadi mudah.

Aksara Jawa atau biasa orang menyebut hanacaraka (ini bacanya bukan hanacaraka pake huruf a, tapi honocoroko pake huruf o seperti pelafalan o dalam kata tokoh), memiliki kandungan cerita tersendiri lhoh. Dari kedua puluh huruf dasar, kira-kira bisa diartikan begini seperti ini :
HO NO CO RO KO = Ono caroko = Ada utusan
DO TO SO WO LO = Doto sawolo = Saling berseteru
PO DHO JO YO NYO = Podho joyonyo = Sama-sama sakti
MO GO BO TO NGO = Mogo bothongo = Kedua jadi bangkai

Menurut yang saya dengar dan pelajari dulu ketika jaman-jamannya masih duduk di bangku sekolah, cerita tentang hanacaraka ini ada hubungannya dengan Ajisaka. Jadi dulu ada seorang Ksatria tanah Jawa, namanya Ajisaka. Dia tinggal disebuah pulau terpencil bersama dengan dua orang abdi setianya, yaitu Dora dan Sembodo. Pada suatu hari, si Ajisaka memutuskan untuk pergi ke ibukota kerajaan dan mengajak serta Dora. Sedangkan Sembodo disuruh tetap tinggal di pulau tersebut dan dititipin sebuah keris. Ajisaka berpesan kepada Sembodo untuk menjaga keris tersebut baik-baik dan tidak boleh diserahkan kepada siapapun. Hingga setelah sekian lama, si Ajisaka berhasil menjadi raja dan memerlukan kembali keris tersebut. Disuruhlah si Dora untuk mengambilnya. kan tetapi, karena Sembodo adalah seorang abdi yang sangat patuh, maka ia tetap menjaga teguh pesan dari Ajisaka untuk tidak memberikan keris tersebut kepada siapapun. Demikian juga dengan Dora. Keduanya sama-sama keukeuh. Hingga akhirnya berseteru. Sama-sama sakti. Dan akhirnya keduanya tewas. Sangat disayangkan sekali. Mereka kan bisa damai.... lalu membicarakan permasalahan :(. 


Dari cerita dibalik hanacaraka tersebut, dua hal penting yang bisa saya ambil pelajaran didalamnya yaitu tentang kesetiaan dan pentingnya komunikasi.



1 komentar:

  1. Wa'alaikum salaam..sy berkunjung :D
    teringat juga dengan aksara jawa di MAN dulu...walaupun saya bukan orang jawa tulen...sampe bela-belain fotokopi kamus jawa yang tebell bgt..:D
    Alhamdulillaah..lulus juga deh.
    Salam kenal ^_^

    BalasHapus